Home » Rekomendasi 15 Game RPG Offline Android Terbaik, Coba Main Yuk!
Game Android

Rekomendasi 15 Game RPG Offline Android Terbaik, Coba Main Yuk!

RPG yang merupakan singkatan dari Role Playing Game adalah salah satu genre game yang banyak disukai saat ini. Game RPG offline ini sendiri sebenarnya sudah ada sejak adanya permainan tradisional.

Saat ini pun, mengikuti perkembangan teknologi yang ada, permainan itu juga hadir pada perangkat mobile dan PC dengan evolusi permainan yang signifikan.

Ada puluhan bahkan ratusan game RPG yang saat ini bisa kita temukan dengan mudah pada berbagai perangkat itu. Nah, di bawah ini kami akan memberikan rekomendasi game RPG offline terbaik yang bisa kalian coba download dan mainkan.

1. The Bard’s Tale

game rpg offline

Spesifikasi Minimum:

Game satu ini dibuat dari remake game RPG klasik pada tahun 1980 dan dinamakan dengan The Bard’s Tale. Walaupun merupakan remake dari tahun 80 an, namun game ini sudah disajikan dengan grafis 3D yang memukau. Uniknya, game ini tak akan selalu serius.

Karena, game ini juga kadang memberikan hal lucu yang cukup menghibur pemainnya. Untuk map nya sendiri, kalian bisa berkeliling di lokasi yang sudah tersedia. Pemain juga bisa menyusuri pedesaan, kota, hutan belantara, sungai, kastil, dan lain – lain. Akan ada lebih dari 50 tipe musuh yang akan kalian hadapi nantinya. Selain itu, kalian juga bisa memanggil 16 karakter magic yang nantinya akan membantu kalian.

Di sini juga ada teka – teki yang mengharuskan para pemainnya pecahkan untuk bisa melanjutkan game. Ada pula sistem save nya yang akan memberikan pilihan untuk pemain apakah mau menyimpan sambil menyembuhkan rekan tim sepenuhnya, atau malah menggunakan save pillar untuk poin experience tambahan.

2. Stardew Valley

Stardew Valley

Spesifikasi Minimum:

Stardew Valley mengusung penampilan grafis yang terlihat old school namun tetap bisa memberikan sisi playability yang sangat solid. Di sini kalian bukan hanya bertugas untuk bercocok tanam namun juga memasuki dungeon serta membasmi berbagai monster yang ada di dalamnya.

Untuk segi persenjataan seperti pedang dan dagger, damage nya mungkin bisa di upgrade saat kalian menemukan atau membeli sesuatu yang lebih langka. Persenjataan ini juga bukan hanya sebatas pada dipegang oleh tangan namun juga bisa kalian kumpulkan untuk membuat crafting.

Stardew Valley juga direpresentasikan ke dalam gameplay yang sederhana serta mudah dikuasai. Setiap pengendalian bisa dengan mudah dilakukan tanpa ada banyak prosedur, entah untuk crafting, bertani, maupun bertarung melawan monster. Game ini juga bisa langsung membawa pemainnya menuju ke permainan, tak seperti kebanyakan game serupa yang bisa membuat pemainnya bosan.

3. Titan Quest

game rpg offline

Spesifikasi Minimum:

Game satu ini punya karakter dan latar kolosal dan akan membiarkan kalian memilih salah satu hero yang ada di dalam game. Setiap hero yang kalian pilih punya misi serta kekuatan sendiri – sendiri. Uniknya, di game ini akan ada map yang bisa dibilang sangat luas.

Kalian bisa berkeliling di pedesaan dan bergabung dengan para warga sampai bisa pergi ke China. Bukan hanya berkeliling, kalian juga harus meningkatkan level. Kisah dari game ini bermula dari surutnya kepercayaan rakyat kepada dewa dewi kuno sehingga menyebabkan para monster dari era kegelapan kembali muncul.

Sebagai hero yang terpilih, tugas kalian adalah untuk menyelamatkan dunia dengan mengalahkan tiap monster yang kalian hadapi serta mengembalikan kekuatan para dewa supaya dunia bisa terlindungi kembali. Salah satu perubahan yang terlihat jelas di dalam versi mobile Titan Quest ini adalah adanya penyesuaiak kontrol yang mendukung permainan pada layar sentuh smartphone dan tablet.

4. Final Fantasy XV: Pocket Edition

Final Fantasy XV: Pocket Edition

Spesifikasi Minimum:

Salah satu game RPG offline Android ini punya konsep open world dengan gaya permainan third person perspective. Namun, hal ini hanya berlaku untuk game yang diluncurkan di konsol serta PC saja. Sedangkan untuk versi Android serta Nintendo Switch nya, sudah tersedia dalam bentuk Pocket Edition.

Tak sama dengan versi konsol yang punya grafis yang realistis, pocket Edition punya grafis yang lebih sederhana serta karakter desain chibi yang lebih ringan. Sudut pandangnya pun menggunakan fixed angle seperti seri Final Fantasy sebelumnya. Namun, cerita serta karakternya sama.

Di sini juga ada banyak sidequest versi konsol yang dihilangkan sehingga hanya menyisahkan jalan cerita yang langsung berkesinambungan ke dalam plot utama dari cerita dan dibagi ke dalam 10 chapter. Sama halnya seperti versi konsol di dalam game ini dimana kalian mengendalikan karakter dengan nama Noctis yang merupakan seorang pangeran dari kerajaan Lucis yang hancur diserang oleh Nifleheim.

Game ini menggunakan sistem Active Battle System dimana para karakter kalian nantinya akan bisa bergerak bebas di dalam map pertarungan sambil menyerang musuh. Sistem ini membuatnya jadi menyenangkan dengan kontrol yang terbatas pada platform mobile dan ini mungkin bisa dibilang sebagai kemenangan terbesar mereka.

5. The Banner Saga

game rpg offline

Spesifikasi Minimum:

  • Ukuran: Bervariasi berdasarkan perangkat
  • Perlu Android versi: 4.1 dan yang lebih tinggi  
  • Download di sini

The Banner Saga adalah game yang dibuat karena adanya inspirasi dari pasukan Viking. Selain bisa dimainkan di Android, kalian juga bisa memainkan game ini di PC. Game ini punya grafis yang sangat bagus, pertarungan taktikal, dan juga alur cerita yang sangat seru. Di sini kalian juga akan disuguhkan dengan pemandangan yang menakjubkan seperti pegunungan, sisa reruntuhan, hingga tempat bersejarah.

Selama perjalanan kalian juga harus menjaga agar makanan kalian cukup. Kalian juga akan dihadapkan pada pilihan yang bisa mengubah alur cerita serta mengubah dunia. Bukan hanya grafisnya saja yang enak dilihat namun game ini juga hampir tak menunjukkan delay saat berpindah dari animasi cutscene ke bagian real time gameplay nya sehingga membuat game ini jadi sangat mengagumkan.

The Banner Saga juga menawarkan kisah epik fantasi yang sangat kental dengan unsur mitologi Norse. Kalau kalian merupakan penggemar fantasi epik seperti The Lord of The Rings ataupun Game of Thrones, dijamin kalian akan tertarik dengan cerita menarik yang ditawarkan oleh The Banner Saga.

Bukan hanya setting serta dasar ceritanya saja yang menarik, namun game ini juga akan bisa memberikan pilihan pada beberapa bagian di dalam game untuk melanjutkan ceritanya. Semua pilihan yang kalian buat akan mempengaruhi progres permainan kalian. Pengaruh ini bisa muncul ke dalam bentuk percabangan cerita, bertambah atau berkurangnya anggota partuy, maupun berubahnya jumlah tentara serta stok makanan yang akan kalian bawa berkelana.

6. Monster Hunter Stories

Monster Hunter Stories

Spesifikasi Minimum:

Monster Hunter kali ini merupakan sebuah spin off dengan format yang agak berbeda. Dibandingkan punya misi untuk menyerang dan berburu monster tanpa motif yang kuat, di game ini mengharuskan pemainnya menjalani cerita dengan plot yang mendalam. Di sini, kalian juga akan bertemu dan bertarung dengan musuh dimana sistemnya turn based. Game ini mengambil latar dimana manusia dan para monster bisa hidup berdampingan.

Atmosifrnya juga unik dengan desain karakter yang berbeda dari Monster Hunter biasanya. Hal ini tentu saja membuat pemain lama maupun pemain baru dari Monster Hunter jadi semakin merasakan keseruannya. Ceritanya dimulai dari sebuah desa dengan nama Mahana Village di mana saat itu para warganya sedang merayakan festival.

Sepanjang festival, tiba – tiba wyvern raksasa dengan nama Rathalos menghilang di permukaan. Kepala desa Mahana pun langsung mengutus karakter yang dikendalikan oleh pemain sebagai rider yang mandiri, berani, dan juga kuat. Jika seseorang memburu monster disebut sebagai Hunter, di sudut lainnya ada para manusia yang disebut dengan Rider dimana mereka bisa hidup berdampingan bersama dengan para mosnter.

Monster Hunter ini nantinya akan lebih fokus kepada sisi cerita dari seorang karakter utama ciptaan kalian yang berprofesi sebagai Rider untuk mengungkap semua misteri yang terjadi. Game ini juga memakai sistem pertarungan Turn Based klasik yang bisa dinikmati baik oleh fans serial JRPG klasik maupun modern.

7. Baldur’s Gate: Enchanted Edition

game rpg offline

Spesifikasi Minimum:

Baldur’s Gate: Enchanted Edition adalah game yang tadinya terinspirasi dari game klasik Dungeon & Dragons yang populer di PC. Dalam versi androidnya ini, kalian harus menjelajahi Forgotten Realms dan mengalahkan berbagai musuh yang ada. Disini juga menyuguhkan berbagai macam perbaikan bugs dan ada banyak tantangan serta karakter baru yang bisa kalian mainkan.

Sesuai dengan namanya, Enchanted Edition, di sini sudah pasti ada banyak reka ulang atau remake sekitar 400 perbaikan yang ditawarkan oleh BG:EE, mulai dari pilihan subrace serta pekerjaan baru, interface yang lebih mendukung layar beresolusi tinggi, sampai dengan dukungan multiplayer online dan dukungan platform yang mencangkup Windows PC, iPad, Mac OS X dan juga Android.

TetapiBG:EE juga menampilkan 3 karakter baru yaitu Rasaad yn Bashir, Dorn Il-Khan serta Neera the Wild Mage. Serta ada pula sebuah petualangan baru yang disebut dengan The Black Pits. Harganya bervariasi tergantung dimana kalian memainkannya, untuk versi Android bisa kalian beli dengan harga Rp 149.000.

8. Chrono Trigger

Chrono Trigger

Spesifikasi Minimum:

Salah satu game RPG offline terbaik ini muncul di bulan Februari 2018. Tetapi, kabar bagusnya tak bertahan lama sesudah munculnya berbagai kritikan pedas dari para gamers serta reviewer yang mengalir deras beberapa jam setelah itu. Bahkan, banyak pecinta game ini yang memuja – muja game ini merupakan game terbaik di masanya.

Walaupun grafisnya terbilang masih jadul, namun game ini sangat memiliki pengalaman RPG yang seimbang, bahkan di zaman sekarang. Game ini juga punya salah satu jalan cerita terbaik untuk RPG. Sistem pertarungannya juga unik karena mereka mengkombinasikan setiap serangan karakter jadi satu jurus.

Game offline RPG satu ini punya jalan cerita mengenai penjelajahan waktu yang nantinya akan mempertemukan pemain dengan berbagai karakter yang unik dari masa yang berbeda – beda. Para pecinta game JRPG pasti akan sangat suka dengan game yang dirilis oleh Super Nintendo Entertainment System atau SNES di tanggal 11 Maret 1995 ini.

Chrono Trigger bahkan menjadi inspirasi dari dua game selanjutnya dari duet sempurna developer Tokyo RPG Factory dan Square Enix Co., Ltd., yaitu I Am Setsuna dan Lost Sphear. Game yang disebut pertama juga sempat dibilang tiruan dari Chrono Trigger yang hanya diubah judulnya. Namun, kini semuanya puji itu mendadak hilang.

9. Knights of Pen and Paper

game rpg offline

Spesifikasi Minimum:

Game satu ini mengusung tampilan 8 bit. Game ini sempat memenangkan Indie Game Festival Award yang pastinya akan mengingatkan kalian pada game berjudul Dungeons and Dragons. Di sini kalian akan bermain sebagai sekelompok anak kecil yang sedang memainkan game kartu. Menariknya, mereka akan tetap duduk di tempatnya namun latar belakangnya berubah sesuai game yang dimainkan.

Knights of Pen and Paper masih memakai konsep yang sama dengan game orisinalnya. Kalian akan memainkan game RPG tabletop klasik dengan memakai pena serta kertas bersama dengan seorang game master. Setiap misi, item, hingga monster yang akan kalian hadapi adalah murni berasal dari imajinasi para karakter di dalam game yang dituliskan di dalam sebuah kertas.

Game master juga akan membacakan semua aktivitas serta quest di mana para pemain nantinya akan bisa berinteraksi serta berbicara satu sama lain. Hal ini mungkin terdengar aneh apalagi jika dibandingkan dengan standar RPG offline android sekarang ini. Namun, memang RPG yang dimainkan di era 70 an lalu seperti ini adanya.

10. Eternium

Eternium

Spesifikasi Minimum:

Memainkan game RPG Android offline terbaik satu ini pasti akan memberikan kalian pengalaman petualangan yang seru. Karena, salah satu keunggulan yang ditawarkan di sini adalah menyajikan game yang tak memerlukan internet. Kalian bisa memilih karakter di dalamnya mulai dari Mage, Warrior, dan masih banyak lagi. Kalau sudah memilih, misi kalian selanjutnya adalah melakukan leveling atau level up untuk memperkuat hero kalian. Ada pilihan 3 karakter yang setiap karakternya punya senjata masing – masing, mulai dari Mage, Warrior, hingga Bounty Hunter.

Eternium juga punya berbagai musuh yang siap kalian taklukkan seperti naga, zombie, alien, dan masih banyak lagi. Selain itu, Eternium juga bisa memberikan map yang cukup luas serta bervariasi. Kalian bisa berkeliling di hutan, dungeon, pedesaan, bahkan kuburan. Tampilan menu nya sangat rapi dan menyerang lawan di sini sangat gampang karena kalian tak perlu melakukan hal – hal tertentu, cukup menekan musuhnya saja. Kalian juga bisa tambahkan efek – efek saat bertarung.

Kisahnya sendiri bercerita mengenai kalian sebagai player yang harus menempuh jalur peperangan untuk menaklukkan musuh utama yang bernama Ragadam. Ragadam sendiri merupakan tokoh antagonis yang sangat mau menguasai dunia yang dihuni oleh naga serta alien. Karena ragadam sangat jahat, maka tugas kalian adalah harus mengalahkannya agar dia tak bisa berkuasa. Namun, caranya tidak mudah loh.

11. Superbrothers Sword & Sworcery EP

game rpg offline

Spesifikasi Minimum:

Superbrothers Sword & Sworcery EP adalah sebuah game dengan genre petualangan RPG ringan yang dikemas ke dalam sebuah pengalaman audiovisual yang sangat cantik. Di sini nantinya kalian akan bermain sebagai Scythian yang akan berpetualang sambil melawan musuh menggunakan pedang serta magic demi memecahkan berbagai misteri. Salah satu kelebihan dari game ini ada pada musik soundtrack nya yang bisa berbaur dengan sangat sempurna bersama gameplay serta tampilan visualnya. Game ini juga sangat cocok untuk kalian yang mau mempunyai keselarasan di antara audio serta grafik visualnya.

Kisahnya bercerita mengenai 4 bab pahlawan wanita yang disebut Scythian tanpa nama yang datang ke kota pegunungan kecil untuk mencari Megatome yang legendaris. Megatome sendiri adalah buku ajaib yang diletakkan pada kuil kuno yang misterius. Sesudah memecahkan rahasia kuil serta memperoleh buku besar. Keseluruhan ceritanya dikomunikasikan lewat interaksi dari orang kedua.

Ceritanya juga sebenarnya tak terlalu mencekam dan murni hanya dari sudut pandang plot saja serta memiliki kisah yang relatif semuanya hafalan mengenai seorang pahlawan tunggal yang mengalahkan kekuatan gelap namun apa yang sangat menarik adalah mengenai rasa aneh yang mengundang kalian untuk tetap bermain di game ini.

12. Thimbleweed Park

Thimbleweed Park

Spesifikasi Minimum:

Thimbleweed Park merupakan sebuah game yang membawa kenangan nostalgia untuk game – game yang dimainkan dengan mengusung genre point and click adventure. Game ini juga banyak disukai apalagi bagi mereka yang punya hobi membaca cerita misteri baik dari membaca novel maupun menonton film.

Gameplaynya juga sederhana, kalian bisa mengontrol karakter kalian hanya dengan mengklik suatu perintah yang ditampilkan pada layar. Kalian juga bisa memerintahkan karakter kalian untuk berinteraksi dengan karakter NPC sampai dengan memeriksa inventaris barang yang ada di game ini.

Kisah Thimbleweed Park ini dimulai di malam hari saat ditemukannya sesosok mayat yang ada di bawah jembatan. Namun anehnya, tak ada seorang pun yang ada di kota ini peduli dengannya. Agen federal Ray serta juniornya yang bernama Reyes yang berperan sebagai detektif pun ditugaskan untuk mengungkapkan kasus misteri ini.

Di sini kalian bisa memainkan Ray dan Reyes secara bergantian karena tiap karakter punya tugas yang berbeda. Misalnya saat Reyes tak berani mengambil foto mayat itu dengan kamera sehingga kalian harus mengganti karakter ke Ray.

13. Planescape: Torment: Enhanced Edition

game rpg offline

Spesifikasi Minimum:

Planescape: Torment: Enhanced Edition mungkin bisa dibilang sebagai salah satu game naratif yang paling inovatif di sepanjang masa. Game RPG offline Android satu ini memungkinkan para pemain untuk memilih kebebasannya. Game ini dibesut oleh Beamdog dan cukup populer.

Kalian yang memainkannya dijamin tak akan bosan dengan adanya mapping dan juga lokasi yang ada di Planescape. Belum lagi, ada cara bermain dari game ini bukan hanya pertualangan tapi juga berbentuk puzzle yang cukup menantang.

Di sini kalian akan memilih ras serta kelas lalu melemparkan dadu untuk menentukan statistik kalian. Kalian bahkan bisa juga mendistribusikan kembali poin kalian jika memang mau. Nantinya kalian akan punya 21 poin yang bisa kalian distribusikan sesuai keinginan. Game ini merupakan perpaduan yang menggabungkan pertarungan real time dengan turn based yang sangat asik untuk dimainkan.

14. Juicy Realm

Juicy Realm

Spesifikasi Minimum:

Game yang diadaptasi dari versi konsol dan PC nya ini bisa menjadi salah satu pilihan game RPG yang menarik untuk dimainkan. Game ini juga dibekali dengan konsep permainan yang sangat unik. Dunianya sudah dikuasai oleh para tanaman yang sekarang sudah punya kaki.

Lalu, parahnya lagi, para tanaman itu juga sekarang ini sudah jadi penguasa rantai makanan. Itulah kenapa game ini memberikan pemain tugas untuk mempertahankan posisi manusia sebagai urutan tertinggi dalam rantai makanan ini.

Pada petualangannya, para pemain juga akan melakukan pertarungan dengan cara menghadapi berbagai hewan, buah – buahan, serta tanaman. Sebagai sebuah game RPG, game ini menyediakan berbagai perlengkapan, senajta, dan juga beberapa sumber daya lainnya untuk bertarung. Kontrol dalam game juga sangat mudah dikuasai, sajian grafisnya menarik, dan aksi pertarungannya juga menarik.

15. Battle Chasers: Nightwar

game rpg offline

Spesifikasi Minimum:

Battle Chasers: Nightwar merupakan game RPG Offline Android yang mengusung game premium. Konsep game nya juga terinspirasi dari game RPG klasik yang biasanya mudah ditemukan di zaman dulu.

Para player di sini nantinya akan melakukan petualangan dengan cara menjelajahi berbagai dungeon, mengikuti alur cerita mendalam, serta melakukan gameplay dengan basis giliran yang developer coba hadirkan di sini. Cerita dari game ini juga memiliki kisah pada perjuangan dari seorang karakter yang mau menemukan ayahnya yang hilang bernama Aramus.

Aramus adalah seorang pahlawan yang sangat terkenal. Tetapi dia tiba – tiba menghilang secara misterius saat sedang berkelana ke wilayah yang berbahaya. Walaupun mengusung konsep permainan yang kesannya klasik, tetapi berbagai elemen dari game ini bisa dihadirkan dengan lebih modern serta sangat apik.

Nah, itulah berbagai rekomendasi game RPG Offline Android terbaik yang harus kalian coba mainkan. Untuk kalian yang suka dengan game RPG namun suka sering kehabisan kuota, maka game Offline bisa jadi jawaban kalian. Daripada penasaran, mending langsung download game – game di atas lewat link yang sudah disematkan ya! Semoga bermanfaat.

Partner Site

Anda suka bermain judi online? Yuk gabung dengan situs slot online terbaru yaitu MOJOBET89 yang dikenal sebagai agen judi terpercaya karena sudah memiliki sertifikasi resmi untuk menyediakan permainan slot online.